Memahami Page View, CPC, CTR, dan RPM dalam Adsense

Artikel terkait : Memahami Page View, CPC, CTR, dan RPM dalam Adsense

Apa itu Page View, CPC, CTR, dan RPM dalam Adsense - Pembahasan kali ini mengenai Google Adsense bagi sobat semua pasti sudah ada yang mengenal apa itu Google adsense, akan tetapi mungkin dari sebagian kamu belum mengetahui. Ketika berinteraksi dengan yang namanya google adsense kita pasti akan mengenal beberapa istilah yang akan sering kita jumpai ketika memantau perkembangan pendapatan adsense yang kita miliki, beberapa istilah tersebut diantaranya Page View, CPC, CTR, dan RPM. Istilah tersebut adalah informasi analisa yang diberikan oleh google adsense untuk para publishernya menyangkut data yang berkaitan dengan penghasilan adsense yang mereka peroleh. 
Memahami Page View, CPC, CTR, dan RPM dalam Adsense
Memahami Page View, CPC, CTR, dan RPM dalam Adsense

Apa saja pengertian dari Page View, CPC, CTR, dan RPM

1. Page View

Page View / Page impression atau impressi atau bisa juga disebut Tampilan Halaman yaitu jumlah yang menunjukan berapa kali halaman yang mengandung kode unit iklan ditampilkan oleh pengunjung blog atau situs. Nilainya tidak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang kita letakkan pada halamn tersebut. Jika iklan yang kita tampilkan pada halaman tersebut berjumlah 4 iklan, kemudian halaman tersebut tampil sebanyak 10 kali, maka page impressionnya tetap saja ada 10 tampilan.

Istilah impression bukan hanya pada google adsense saja, namun istilah ini dikenal juga untuk webmaster tool, jika di google adsense impression adalah jumlah halaman yang mengandung unit iklan adsense tampil, sedangkan untuk di webmaster istilah impression berkaitan dengan jumlah halaman ditemukan oleh mesin pencari berdasarkan kata kunci yang dijadikan kriteria pencarian. Semakin banyak impressionnya maka menunjukan bahwa halaman di blog kita mudah ditemukan oleh mesin pencari google.

2. CPC (Cost Per Click)

CPC (Cost per Click) atau kalau dalam akun IDR BPK (Bayaran per Klick) adalah biaya yang ditawarkan oleh advertiser (pemasang iklan) untuk tiap clik iklannya, setiap kali iklan adsense tersebut di clik oleh pengunjung maka dollar yang akan kita dapatkan sejumlah nilai CPC untuk iklan tersebut. Semakin besar nilai CPC maka akan berpeluang besar juga kita mendapatkan dollar dari iklan tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi nilai CPC diantaranya jumlah iklan dalam halaman, jenis iklan yang ditampilkan, sumber pengunjung dan lainnya.

Google dalam hal ini sangat merahasiakan nilai CPC untuk tiap iklan yang ditampilkan, hanya advertiser dan pihak google adsense saja yang tahu mengenai nilai CPC untuk tiap iklan. Namun dengan berkembangnya teknologi ada tool yang bisa kita gunakan untuk memprediksi nilai CPC, perlu diingat CPC untuk tiap unit iklan sangat berbeda satu sama lainnya tergantung kata kuncinya. Salah satu tool yang sangat recomended untuk menemukan kata kunci yang memiliki nilai CPC tinggi atau lebih dikenal dengan istilah high paying keyword adalah SEMRush.

3. CTR (Click Through Rate)

CTR (Click Through Rate) yaitu perbandingan dalam bentuk presentase untuk menghitung antara jumlah click dan jumlah unit iklan adsense yang tampil, jika iklan tampil sebanyak 1000 kali kemudian iklan tersebut mendapat klic sebanyak 10 kali maka bisa kita hitung sebagai berikut (10/1000 x 100%)= 1%, jadi kesimpulannya jika dalam 1000 kali tampil iklan mendapatkan clik pengunjung sebanyak 10 kali berarti nilai CTR untuk iklan tersebut adalah 1%.

Nilai CTR secara tidak langsung dapat menginformasikan prilaku normal klik terhadap satu unit iklan, dan CTR menjadi refrensi google maupun publisher untuk memantau klik normal pada unit iklan yang bersangkutan, nilai normal CTR adalah 0% sampai dengan 5%, atau bisa juga lebih dari itu tergantung jumlah klick terhadap iklan tersebut. Namun jika nilai CTR lebih dari 100% maka itu sudah terindeksi adanya tindakan tidak normal. Kasus tersebut bisa terjadi karena adanya bomklik, Clik terus menerus pada iklan yang sama lebih dari satu kali, kita harus sering memantau dan mewaspadai jika dalam akun google adsense kita mendapatkan informasi nilai CTR dengan nilai besar atau lebih dari 100% jika terindikasi adanya tindakan kecurangan atau bomklik maka resikonya akun adsense bisa di benned.

4. RPM (Rvenue Per Thoushand Impression)

RPM (Rvebue Per Thoushand Impression) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1000) yang di dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar $4 (nilai tersebut didapat dari penghitungan {jumlah penghasilan/(impressi/1000)}=(200/(50.000/1000)=200/50=4.

Demikianlah beberapa istilah Page View, CPC, CTR, RPM yang bisa Goowab sampaikan kepada sobat-sobat semuanya semoga bisa membantu dan trimakasih atas kunjungannya.

Artikel Goowab Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2016-2017 Goowab | Design by Goowab